Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui
Penerapan Model PJBL dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas XII TKR 1
materi Praktik Gotong – Royong Dalam Kehidupan Masyarakat Indonesia di SMK
Negeri 2 Purwodadi
2023/ 2024
OLEH:
Aprilia
Dwi Gandini, S. Pd
PPG DALAM JABATAN
UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
A.
Pendahuluan
Rendahnya
motivasi belajar siswa terhadap pelajaran Pendidikan Pancasila dikarenakan
metode mengajar guru yang tidak efektif dan variatif hanya menggunakan satu
metode saja atau monoton menjadi tolak ukur praktik ini diadakan. Sehingga saya
sebagai guru Pendidikan Pancasila memberikan pengalaman baru dengan model
pembelajaran yang berbeda dari sebelumnya. Serta kurang optimalnya penggunaan
tik dalam proses pembelajaran yang dilakukan guru membuat peserta didik kurang
memahami materi. sehingga saya sebagai guru perlu memberikan pembelajran
inovatif dan interaktif melalui pengusaan teknologi. Dalam kegiatan PPL Siklus 2 ini saya
menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk menyelesaikan permasalahan motivasi
belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila materi Gotong -
Royong. Implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang saya lakukan berjalan
dengan baik tanpa hambatan yang berarti. dengan Project
Based Learning (PjBL) peserta menjadi lebih aktif, kreatif, inovatif,. Praktik
pembelajaran Gotong – royong pada
masyarakat Indonesia kelas XII TKR 1 dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) penting untuk dibagikan
karena dapat menimbulkan dampak yang signifikan dalam proses pembelajaran, yaitu proses pembelajaran lebih tersruktur dan
hasil belajar siswa semakin meningkat,
dengan menggunakan media, alat
/ bahan pembelajaran yang bervariasi, peserta didik
lebih antusias dan termotivasi. Dalam penerapannya,
model pembelajaran Project Based
Learning merupakan sebuah model pembelajaran yang berpusat pada siswa ( student oriented) dengan guru sebagai
fasilitator sehingga kondisi
ini
membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran.
menurut saya banyak guru Pendidikan
Pancasila khususnya, dan guru-guru mata pelajaran lain umumnya yang mungkin mengalami
masalah yang saya hadapi. Oleh karena itu, praktik ini diharapkan selain untuk memotivasi dan
pengembangan keprofesionalan diri sendiri, juga diharapkan bisa menjadi
salah satu referensi atau inspirasi untuk guru yang lainnya. Peran
saya di sini adalah sebagai guru dimana saya bertanggung jawab atas praktik penerapan model pembelajaran Projectt Based Learning (PjBL) untuk
meningkatkan motivasi belajar peserta didik
dalam pengerjaan proyek pada kelas Xll TKR SMK Negeri 2 Purwodadi. Tentunya
setelah dipresentasikan dan melakukan perbaikan
berdasarkan masukan dari dosen, guru
pamong maupun teman mahasiswa lain. Kemudian saya juga harus menyiapkan peralatan
untuk menampilkan media
pembelajaran serta untuk rekam video dan sign in dosen beserta guru pamong .Sekaligus memastikan keaktifan.
B.
Pembahasan
Model
Pembelajaran Project Based Learning . (PjBL)
merupakan suatu model pembelajaran yang melibatkan suatu proyek dalam proses pembelajaran. “ Model pembelajaran berbasis proyek ( project based
learning ) merupakan model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan
sebagai media”.
Berdasarkan
pengertian tersebut maka
langkah-langkah pembelajaran yang saya
lakukan dapat diuraikan secara
singkat sebagai berikut :
a.
Guru menayangkan video kemudian menggunakan kata pemantik untuk mengorientasi siswa pada masalah.
b.
Siswa diorganisasikan ke dalam kelompok
untuk membuat proyek gotong - royong
c.
Guru mengamati peserta didik dalam kelompok untuk menyelesaikan proyek
d.
Mempresentasikan hasil gotong - royong
kelompok .
e.
Menganalisis dan mengevaluasi presentasi
bersama siswa .
Penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam proses pembelajaran menyebabkan peserta didik lebih termotivasi
untuk belajar, suasana gotong - royong lebih menyenangkan, dan kemampuan
siswa untuk berfikir itu lebih kritis,sehingga
lebih banyak peserta didik yang mencapai ketuntasan. Manfaat dari PjBL adalah siswa menjadi pembelajar aktif,
pembelajaran menjadi lebih interaktif, memberikan kesempatan siswa memanajemen sendiri kegiatan atau aktivitas
penyelesaian tugas sehingga melatih siswa menjadi mandiri, dapat memberikan
pemahaman konsep atau pengetahuan secara lebih mendalam kepada siswa.
Pembelajaran berbasis
project ini mendatangkan beberapa manfaat, seperti, menciptakan pembelajaran
yang menyenangkan, lebih bermakna, meningkatkan rasa keingintahuan yang tinggi
bagi siswa, membangun critical thinking pada diri siswa, kolaboratif.
Peningkatan pemahaman ini tampak
dari hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa peserta didik mendapatkan nilai
yang sangat baik pada ranah sikap,keterampilan serta pada ranah pengetahuan
peserta didik mendapatkan nilai di atas KKTP.
Kepala sekolah
memberikan apresiasi atas aksi yang dilakukan serta mendukung penuh praktik
pembelajaran, sedangkan rekan guru sejawat menjadi termotivasi untuk berinovasi
menggunakan model dan media pembelajaran tersebut. Bukan hanya itu,
keberhasilan dalam pembelajaran ini terlihat dari hasil refleksi peserta didik
yang 100 % menyatakan bahwa pembelajaran ini menyenangkan, mereka memahami
materi yang diberikan.
C. Kesimpulan
Pembelajaran
yang dapat dipetik dari keseluruhan proses yang telah dilakukan adalah guru
harus mau berinovasi dalam proses pembelajaran. Guru harus mampu menerapkan
model pembelajaran yang sesuai dan menggunakan berbagai media dan alat didalam
proses pembelajaran agar lebih menarik. Guru juga harus selalu mengevaluasi
kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan untuk dijadikan acuan dalam
memperbaiki pembelajaran yang akan datang. Jadi tidak hanya peserta didik saja
yang belajar melainkan guru juga terus berproses untuk menciptakan proses
pembelajaran yang menarik guna mencapai tujuan pembelajaran yang telah
dirancang. Dari kegiatan PPL Siklus 2 ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Project
Based Learning (PjBL )dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi Gotong – Royong dalam kehidupan
masyarakat Indonesia kelas XlI TKR, SMK Negeri 2 Purwodadi
D.
Daftar Pustaka
Kompas.com dengan
judul "Ini Manfaat Project Based Learning bagi Siswa Saat PTM
Terbatas", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/edu/read/2021/06/27/110000571/ini-manfaat-project-based-learning-bagi-siswa-saat-ptm-terbatas?page=all
Pendidikan Pancasila-KL-XII,
2023. Kementerian Pendidikan , Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar