Publikasi Ilmiah 3

 

 

Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model PJBL dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas XII TKR 1 materi Praktik Gotong – Royong Dalam Kehidupan Masyarakat Indonesia di SMK Negeri 2 Purwodadi

2023/ 2024

 

 



 

 

 

OLEH:

Aprilia Dwi Gandini, S. Pd

 

 

 

 

 

PPG DALAM JABATAN

UNIVERSITAS PGRI  SEMARANG


A.                Pendahuluan

Rendahnya motivasi belajar siswa terhadap pelajaran Pendidikan Pancasila dikarenakan metode mengajar guru yang tidak efektif dan variatif hanya menggunakan satu metode saja atau monoton menjadi tolak ukur praktik ini diadakan. Sehingga saya sebagai guru Pendidikan Pancasila memberikan pengalaman baru dengan model pembelajaran yang berbeda dari sebelumnya. Serta kurang optimalnya penggunaan tik dalam proses pembelajaran yang dilakukan guru membuat peserta didik kurang memahami materi. sehingga saya sebagai guru perlu memberikan pembelajran inovatif dan interaktif melalui pengusaan teknologi. Dalam kegiatan PPL Siklus 2 ini saya menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk menyelesaikan permasalahan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila materi Gotong - Royong. Implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang saya lakukan berjalan dengan baik tanpa hambatan yang berarti. dengan Project Based Learning (PjBL) peserta menjadi lebih aktif, kreatif, inovatif,. Praktik pembelajaran Gotong – royong pada masyarakat Indonesia kelas XII TKR 1 dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) penting untuk dibagikan karena  dapat menimbulkan dampak  yang signifikan dalam proses pembelajaran, yaitu  proses pembelajaran lebih tersruktur dan hasil belajar siswa semakin meningkat, dengan menggunakan media, alat / bahan pembelajaran yang bervariasi, peserta didik lebih antusias dan termotivasi. Dalam penerapannya, model pembelajaran Project Based Learning merupakan sebuah model pembelajaran yang berpusat pada siswa ( student oriented) dengan guru sebagai fasilitator sehingga kondisi ini  membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran.

 menurut saya banyak guru Pendidikan Pancasila  khususnya, dan guru-guru mata pelajaran lain umumnya yang mungkin mengalami masalah yang saya hadapi. Oleh karena itu, praktik ini diharapkan selain untuk memotivasi dan pengembangan keprofesionalan diri sendiri, juga diharapkan bisa menjadi salah satu referensi atau inspirasi untuk guru yang lainnya. Peran saya di sini adalah sebagai guru dimana saya bertanggung jawab atas praktik penerapan model pembelajaran Projectt Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pengerjaan proyek pada kelas Xll TKR SMK Negeri 2 Purwodadi. Tentunya setelah dipresentasikan dan melakukan perbaikan berdasarkan masukan dari dosen, guru  pamong  maupun teman mahasiswa lain. Kemudian saya juga harus menyiapkan peralatan untuk menampilkan media pembelajaran serta untuk rekam video dan sign in dosen beserta  guru pamong .Sekaligus memastikan keaktifan.

B.          Pembahasan

Model Pembelajaran Project Based Learning . (PjBL) merupakan suatu model pembelajaran yang melibatkan suatu proyek dalam proses pembelajaran. “ Model pembelajaran berbasis proyek ( project based learning ) merupakan model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai media”.

 

 

 Berdasarkan pengertian tersebut maka langkah-langkah pembelajaran yang saya lakukan dapat diuraikan secara singkat sebagai berikut :

a.                  Guru menayangkan video kemudian menggunakan kata pemantik untuk mengorientasi siswa pada masalah.

b.                  Siswa diorganisasikan ke dalam kelompok untuk membuat proyek gotong - royong

c.                  Guru mengamati peserta didik dalam kelompok untuk  menyelesaikan proyek

d.                  Mempresentasikan hasil gotong - royong kelompok .

e.                  Menganalisis dan mengevaluasi presentasi bersama siswa .

Penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam proses pembelajaran menyebabkan peserta didik lebih termotivasi untuk belajar, suasana gotong - royong lebih menyenangkan, dan kemampuan siswa untuk berfikir itu lebih kritis,sehingga lebih banyak peserta didik yang mencapai ketuntasan. Manfaat dari PjBL adalah siswa menjadi pembelajar aktif, pembelajaran menjadi lebih interaktif, memberikan kesempatan siswa memanajemen sendiri kegiatan atau aktivitas penyelesaian tugas sehingga melatih siswa menjadi mandiri, dapat memberikan pemahaman konsep atau pengetahuan secara lebih mendalam kepada siswa.

Pembelajaran berbasis project ini mendatangkan beberapa manfaat, seperti, menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, lebih bermakna, meningkatkan rasa keingintahuan yang tinggi bagi siswa, membangun critical thinking pada diri siswa, kolaboratif.

Peningkatan pemahaman ini tampak dari hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa peserta didik mendapatkan nilai yang sangat baik pada ranah sikap,keterampilan serta pada ranah pengetahuan peserta didik mendapatkan nilai di atas KKTP.

   Kepala sekolah memberikan apresiasi atas aksi yang dilakukan serta mendukung penuh praktik pembelajaran, sedangkan rekan guru sejawat menjadi termotivasi untuk berinovasi menggunakan model dan media pembelajaran tersebut. Bukan hanya itu, keberhasilan dalam pembelajaran ini terlihat dari hasil refleksi peserta didik yang 100 % menyatakan bahwa pembelajaran ini menyenangkan, mereka memahami materi yang diberikan.

 

C.        Kesimpulan

Pembelajaran yang dapat dipetik dari keseluruhan proses yang telah dilakukan adalah guru harus mau berinovasi dalam proses pembelajaran. Guru harus mampu menerapkan model pembelajaran yang sesuai dan menggunakan berbagai media dan alat didalam proses pembelajaran agar lebih menarik. Guru juga harus selalu mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan untuk dijadikan acuan dalam memperbaiki pembelajaran yang akan datang. Jadi tidak hanya peserta didik saja yang belajar melainkan guru juga terus berproses untuk menciptakan proses pembelajaran yang menarik guna mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirancang. Dari kegiatan PPL Siklus 2 ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Project Based Learning (PjBL )dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik   pada materi Gotong – Royong dalam kehidupan masyarakat Indonesia kelas XlI TKR, SMK Negeri 2 Purwodadi

D.       Daftar Pustaka

Kompas.com dengan judul "Ini Manfaat Project Based Learning bagi Siswa Saat PTM Terbatas", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/edu/read/2021/06/27/110000571/ini-manfaat-project-based-learning-bagi-siswa-saat-ptm-terbatas?page=all

Pendidikan Pancasila-KL-XII, 2023. Kementerian Pendidikan , Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages